TRANSFORMER PENDIDIKAN ITU BERNAMA GURU PENGGERAK



(Lokakarya 0 Calon Guru Penggerak Kab. Wonogiri)


Assalamualaikum, wr, wb,.

Salam "Guru Bergerak, Indonesia Maju !

Perkenalkan saya Uswatun Hasanah, saya kepala SMAN I Purwantoro sekaligus Pengajar Praktik bagi Calon Guru Penggerak Kab. Wonogiri.

Tanggal 09 Oktober 2021 adalam momentum pertama pertemuan kami dengan Calon Guru Penggerak yang selanjutnya saya sebut dengan CGP.

Setelah pengumuman kelulusan CPP (Calon Pengajar Praktik) dan dilanjutkan pembekalan satu serta pembekalan 2.SURAT PEMBEKALAN TAHAP 2, maka Pengajar praktik berjibaku dengan fasilitator dan narasumber dari GTK, untuk mendapatkan keutuhan materi persiapan penerjunan sebagai pengajar praktik. Pada Pembekalan CPP angkatan 4 gelombang 2 tahap 1,  mulai tanggal 02  s.d 19 Agustus 2021, mendapatkan materi sbb:

  1. Kebijakan kemendikbud
  2. PPGP
  3. Persiapan Platform Belajar
  4. Penetapan Tujuan belajar PGP
  5. Paradigma guru penggerak dan masa depan Indonesia.
  6. Pendidikan yang memerdekakan,
  7. Kepemimpinan menuju transformasi pendidikan.
  8. Teknik komunikasi untuk pendamping guru penggerak.
  9. Choaching pendamping sebagai Coach bagi guru penggerak.
  10. Refleksi pembelajaran pendamping guru penggerak.
  11. Evaluasi
  12. Belajar mandiri

kegiatan tersebut dapat dilihat pada Jadwal tahap 1, saya lalui dengan baik dan lancar. selang 3 hari dilanjutkan dengan pembekalan CPP angkatan 4 gelombag 2 tahap 2. dengan jadwal dan materi berikut :  Jadwal Tahap 2.
setelah semua tahap terlampaui, pada tanggal 05 0ktober melalui surat Undangan  PPPPTK MTK, diinformasikan rancangan kegiatan Lokakarya 0. Apa saja kegiatan Calon guru penggerak ? dapat dilihat pada siklus berikut :


Gambar 1 : Perjalanan Pendidikan Guru Penggerak

Lokakarya 0 atau Lokakarya Perdana
Lokakarya 0 ini bukan lokakarya 1. dalam lokakarya 0 merupakan tonggak awal mula penyamaan persepsi antara CGP, PP, Kepala Sekolah, Pengawas, Pejabat Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, yang dalam hal ini dari Cabdin Wil. VI.


                                                     Gambar 2 : Pembukaan Lokakarya 0

Secara rinci, kegiatan lokakarya 0 berisikan kegiatan pleno dan kelompok. kegiatan awal pleno, dimulai dari paparan kegiatan Calon Guru penggerak dan regulasinya. Paparan lenhkap disi oleh ketua PPPTK Matematika atau yang mewakilinya. Selanjutnya dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wonogiri yang diwakili Sekdin, yakni Ibu Heny Rustianti yang sekaligus membuka acara. Sambutan berikutnya dari Kepala cabang Dinas Wilayah VI yang diwakili pengawas SMA Kab. Sragen, Bapak Drs. Supomo, M.Pd. kegiatan pleno telah usai dan selanjutnya kegiatan beralih ke kegiatan kelompok.

Idealnya kegiatan kelompok berisikan CGP, KS, Pengawas, Unsur Dinas Pendidikan Kab, Unsur Dinas Pendidikan Prov. Namun dikarenakan keterbatasan jumlah personil, dan tidak memungkinkan adanya kepala sekolah hadir dinseluh kelas CGP, maka sebagian kelas diwakilkan pada wakasek atau guru senior.

Lokakarya 0 kelas D ada dua PP (pengajar praktik) yakni saya, Uswatun Hasanah, dan bu Dewi Lestari.

Agenda Lokakarya 0 di kelas meliputi : 

  1. Penyampaian Tujuan Lokakarya
  2. Games Perkenalan Diri
  3. Kesepakatan Kelas
  4. Harapan dan Kekhawatiran
  5. Perjalanan CGP
  6. Komitmen Bersama
  7. Refleksi

Materi kegiatan di atas dapat dinduh pada MATERI LOKAKARYA 0 KLS D, PPT



Kegiatan 1
, penyampaian tujuan lokakarya, CGP, KS, PS, dan dari unsur dinas, dipahamkan dengan tujuan dilaksanakan lokakarya 0, diantaranya, mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak. selain itu kegiatan loka 0 juga untuk mengidentifikasi dukungan yang diperlukan selama proses pendidikan guru penggerak, oleh karena itu kehadiran kepala sekolah sangat diharapkan. tujuan lain CGP dapat mengidentifikasi prediksi kesulitan yang muncul. Tujuan lainnya memahapi peta perjalanan dan peran PP serta fasilitator.


                                                      Gambar 3 : Paparan Tujuan Lokakarya

Kegiatan 2 yakni CGP dan KS diminta menuliskan namanya atau nama panggulan, melalui kertas label di dada, serta diikuti peserta yang lain. Selanjutnya mereka diminta untuk menggambar benda mati atau makluk hidup, yang merupakan gambaran tentang mereka, dan mengapa mereka menggambar itu. Langkah selanjutnya mereka diminta saling mendekati gambar yang ada ketertarikan dengan dirinya, dan menayakan alasan gambar tersebut serta dilanjutkan perkenalan. terus berputar hingga semua saling kenal dan akrab.


Gambar 4 : Perkenalan Diri

Video 1 : Perkenalan diri dan alasan memilih gambar tertentu
(Video diwakili Sumanto, M.Pd, KS SMAN 2 Wonogiri)
       
Kegiatan 3 yakni, membuat kesepakatan kelas, selama lokakarya tersebut berlangsung, agar muncul kesepahaman tentang aturan dalam kelas. Kesepakatan misalnya, hadir tepat waktu, tidak menggunakan HP saat kegiatan, kecuali penting, membersihkan sampah dll.
Kegiatan 4 yakni CPG memetakan harapan nya mengikuti CGP serta kekhawatiran. Harapan dan kekhawatiran dituangkan dalam kertas plano, yang merupakan hasil kesepakatan dengan kelompoknya. Harapan dan kekhawatiran dituangkan sebanyak mungkin baik kelompok CGP maupun KS. kelompok terdiri dari 5 orang. Selanjutnya kelompok diminta menggambar peta konsep tentang 3 harapan dan 3 kekhawatiran dalam sebuah bagan seperti berikut :

Gambar 5 : Peta Konsep pemikiran


Gambar 6. Peta Pikiran kelas D
Kegiatan 5 yakni sosialisasi peran fasilitator, pengajar praktik, PPPTK Matematika, serta tanggungjawab masing-masing.
Kegiatan 6 yakni memulai komitmen bersama. Komitmen bersama ini dengan menyampaikan langkah tercepat 2 bulan ke depan yang akan dilakukan CGP, serta dijawab oleh KS atau yang mewakili, apa yang akan dilakukan untuk mendukung program CGP dua bulan ke depan,\.
Kegiatan 7 yaitu Refleksi yang berisi jawaban dari dua pertanyaan. Apa yang Bapak ibu pelajari hari ini, dan apa manfaat kegiatan hari ini? 
          Kelas D menuangkan menggunakan Jamboard:


Gambar 7. Jamboard Refleksi kelas D

 Demikian kegiatan Lokakarya 0 Tahap 1 yang telah dilaksanakan di SMPN 2 Wonogiri. info lanjut silakan hubungi 082232991991 / siriabdullah@gmail.com

Uus Abdullah
10/10/2021






Related

SEKOLAH 3655052410405379785

Posting Komentar

emo-but-icon

follow us !

Trending

item