UJIAN SEKOLAH RASA PROVINSI

UJIAN SEKOLAH MASA PANDEMI

Dr. Uswatun Hasanah 

Gambar : 1

Ujian sekolah adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem penilaian pada satuan pendidikan. Sesuai dengan per Mendikbud No 23 tahun 2013, penilaian satuan pendidikan dilakukan oleh guru, satuan pendidikan dan pemerintah. Namun sejak penghapusan Ujian Nasional tahun 2020. Awal adanya isu Assesmen Kompetensi Minumum (AKM) yang sekarang disebut AN (Assesmen nasional), disampaikan Mendikbud Nadine Makarim adalah sebagai pengganti Ujian Nasional, kini sudah berbeda lagi fungsinya. UN (Ujian Nasional) dihapus, AN sebagai alat ukur atau penilaian satuan pendidikan yang dilakukan pada peserta didik kelasXI SMA.

AN (Assesmen nasional) awalnya direncanakan bulan Maret 2021, kini diundur bulan September 2021. Semoga tidak ada penundaan lagi, seperti penundaan PTM sejak Maret 2020 s.d saat ini bulan Februari 2021 belum juga ada izin. Hal yang menggelitik saat ini sesuai dengan  SE Mendikbud No 1 Tahun 2021 DISINI

Devisit kompetensi pada peserta didik, tak dapat dipungkiri pasti terjadi,. Minimalisasi adalah hal yang dapat kita lakukan sekarang, yakni dengan peningkatan kompetensi managerial kepala sekolah, juga peningkatan kompetensi guru baik dalam materi maupun alat penyampaian pada masa PJJ.

Tadi malam HIPPER 4.0 menggelar News Breaking  pukul 18.00 WITA. Narasumber ada pak Fatur Rochim, pak Indra Chatismiajo, juga pengamat politik lain, Kang Deni dan masih banyak lagi. Selaku moderator ada pak Ari Gunawan yang sangat mengalir asyik menyampaikan materi diskusi yang bertajuk “Ujian Sekolah Rasa Provinsi”. 

Dalam diskusi semalam membahas beberapa kebijakan di provinsi salah satunya Jatim, yang menyelenggarakan Ujian Sekolah dengan menggunakan soal yang disusun dari Dinas Pendidikan Provinsi. Soal dibuat guru-guru pilihan yang didatangkan untuk dilatih. 

Bagaimana dengan Jawa tengah ? Simak lengkap penerapannya disini. USP JATENG

Ingin tahu kegiatan tadi malam ? Simak lengkap pada Channel berikut :


Wonogiri. Uus Abdullah

Sekolah pilihan di Kabupaten Wonogiri hanya di SMAN I PURWANTORO

Related

SEKOLAH 4376301787625738754

Posting Komentar

  1. Terima kasih infonya Bun, josss pokoke

    BalasHapus
  2. Benar jika kita sangat mempertimbangkan pentingnya ada kegiatan penilaian seperti ujian, baik ujian sekolah, propinsi maupun nasionsl, karena kita tak temang dengan adanya penurunan semangat belajar anak didik kita, anak-anak generasi masa depan Indonesia tercinta.

    BalasHapus

emo-but-icon

follow us !

Trending

item