Jeritan Ibuku

 Jeritan Ibuku

Dr. Uswatun Hasanah




Gambar : BDR
Sumber : https://mamazahra.files.wordpress.com/2009/10/anak-belajar.jpg

       Sayup dirumah sebelah terdengar suara nyaring yang belum pernah kudengar selama 30 tahun bertetangga dengannya. Ya suara itu tidak hanya Fals, tapi sangat menyakitkan telinga. 

        “Anton, bayangkan kamu belajar di sekolah, jangan tanya terus ke Ibu, Ibumu ini bukan guru Matematika. Guruku kok tidak tanggungjawab siap menjawab pertanyaan muridnya? Kemana dia? Jangan-jangan malah shoping atau perawatan, bahkan jalan-jalan. Ibu yang harusnya kerja malah kena imbasnya menggantikan gurumu”. permulaan kalimat yang masih enak kudengar dan masih bisa kumaklumi.

        Namun selanjutnya....

         “Nah anak-anak, ibu tadi sudah menjelaskan tentang  teks prosedur kompleks, sekarang tugasmu mengamati dan membuat teks prosedur kompleks dengan memanfaatkan waktu yang ada yakni sampai pukul 5 sore nanti”. Ibu Ratna ( ibunya Anton, yang juga guru bahasa Indonesia SMA)

         “Ngajar sudah, ngasih tugas sudah, sekarang menemani Anton lagi Belajar”, sambil beranjak menuju kamar anaknya.

        "Antooooooon, berapa kali Ibu bilang, belajar itu duduk (ibu melihat anton tiduran sambil pegang HP), kamar jangan ditutupi, biar Ibu bisa mengawasimu, dasar anak...............(tak pantas), kamu mempermalukan Ibu sebagai Guru, bisa mendidik anak orang lain, tapi tidak bisa menddik anaknya sendiri", kali ini suaranya meninggi.

            Suara semacam itu sudah beberapa bulan bahkan hampi satu tahun ini aku dengar. Bu Ratna tak seperti yang kubayangkan. aku ingat pepatan Jawa, yakni Jarkoni (iso ngajar tapi ora iso nglakoni).

           ..............................................................................................................................................................


Berdasarkan kutipan cerpen diatas, tentukan:

1. Alur dimulai dari apa? jelaskan alasannya

2. karakter tokoh ibu dan anak tergambarkan melalui apa? jelaskan

3. lanjutkan satu paragraf cerpen di atas

Related

SEKOLAH 6204181619804900306

Posting Komentar

emo-but-icon

follow us !

Trending

item