PENILAIAN PEMBELAJARAN MASA DARURAT

 PENILAIAN PEMBELAJARAN MASA DARURAT
Uus Abdullah
Gambar : KS dan Wakakur SMAN I Purwantoro
(Dokumentasi Pribadi)
    WONOGIRI. Beberapa bulan yang lalu SMAN I Purwantoro diberi kepercayaan menjadi bagian dari sekolah yang diminta mengisi instrumen Penilaian Masa Darurat dari Direktorat SMA. Sebagai salah satu petugas, saya diminta menentukan 3 sekolah dengan kriteria sbb: Sekolah Maju, Sekolah Berkambang, dan Sekolah Swasta. 

    SMAN I Sragen saya pilih sebagai sekolah maju, dikarenakan sekolah tersebut memiliki jumlah peserta didik yang lumayan banyak, terakreditasi A, serta memiliki segudang prestasi secara akademis. SMAN I Purwantoro sebagai sekolah berkembang, selain jumlah rombel 24, prestasi akademis dalam kategori menengah diantara sekolah lain. Sebagai sekolah swasta, pilihan saya percayakan di SMAS AL-Huda Wonogiri, karena diantara sekolah swasta di Wonogiri, SMA AL-Huda memiliki terobosan yang agamis dalam menyajikan menu istimewa untuk peserta didik maupun orang tua, diantaranya hafalan Al-Quran.
    Diantara instrumen yang harus diisi meliputi :


Gambar 2: Tampilan Awal Aplikasi
  1. Perencanaan pembelajaran Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan, (berikut bukti fisik).
  2. Pelaksanaan Pembelajaran Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan, (berikut bukti fisik).
  3. Evaluasi Pembelajaran Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan, (berikut bukti fisik).
  4. Rencana Tindak Lanjut Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan, (berikut bukti fisik).
    
Gambar 3: Isi Aplikasi

    Pengisi instrumen melibatkan 5 orang diantaranya (Kepala sekolah, guru BK, guru MIPA, guru IPS, guru agama). masing-masing instrumen diceklist dan ditunjukkan bukti fisiknya, baik format PDF, PNG, JPG. Seluruh bukti fisik diunggah di Aplikasi yang telah disiapkan, tentunya terlebih dahulu harus membaca petunjuk pengisian.
        Instrumen diberikan tutorial penggunaan dengan menggunakan video. Selain itu juga bisa download Instrumen dan petunjuk pengisian. Pada bilah lain berisikan template untuk mengunggah bukti fisik serta instrumen online bukti fisik. Luar Biasa.
    Strategi pengisian instrumen karena masa pandemi, tidak harus mendatangi sekolah. Pengisian dan pendampingan dapat dilakukan secara daring. Saya sebagai petugas, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, melaksanakan amanah secara daring. Sebelumnya menghubungi kepala sekolah, selanjutnya menjelaskan teknisnya sampai akhir pelaksanaan. 
    Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui atau memotret kondisi riil satuan pendidikan dalam penilaian darurat masa pandemi, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada komponen yang belum terpenuhi. 
    Semoga pndemi Covid-19 segera berlalu. sehebat apapun pembelajaran, jika tanpa adanya pertemuan sama sekali dengan murid, maka sulit melakukan pengukuran utamanya penilaian keterampilan.

SALAM SEHAT TANPA OBAT
SMA MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA

Related

SEKOLAH 918862889961369044

Posting Komentar

emo-but-icon

follow us !

Trending

item